Pada tanggal 29 Agustus 2021, Himpunan Mahasiswa Arsitektur Universitas Tadulako memberangkatkan beberapa Mahasiswa Arsitektur Untad dan juga beberapa anggota MAI HIMA ART’lie sebagai delegasi untuk kegiatan TEMU KARYA ILMIAH MAHASISWA ARSITEKTUR INDONESIA dalam rangka memperingati TKI MAI 37 Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini berlangsung selama 14 hari yang di mana dihari pertama sampai hari ke-lima Mahasiswa Arsitektur Tadulako mengunjungi Benteng Somba Opu. Disana mereka melakukan study tour dengan mengunjungi beberapa rumah adat yang terdapat di Benteng Somba Opu, selain itu mereka mengunjungi Museum yang terdapat disana dan mengambil beberapa dokumentasi.  Disana juga Mahasiswa Arsitektur Universitas Tadulako bertemu dengan Mahasiswa Arsitektur Universitas lain seperti mahasiswa UNM. dan Melakukan diskusi mengenai kelanjutan dari TKI-MAI 

Setelah 5 hari di Benteng Somba Opu, para peserta Studek melakukan perjalanan ke Kab. Soppeng yang menempuh jarak jauh dan menghabiskan waktu selama 1 hari dan tiba di Kab. Soppeng pada malam hari, sesampai tiba di Kab. Soppeng seluruh peserta disambut langsung oleh walikota Kab. Soppeng dan malam itu dilanjutkan dengan melakukan pembagian  kelompok yang setiap kelompok diberikan tanggung jawab untuk kegiatan pada esok harinya. 

Pada pagi harinya peserta berkumpul sesuai dengan kelompok mereka, lalu mulai melakukan brifing tiap kelompok dan setelah itu tiap kelompok menjalankan Tugas yang diberikan kepada mereka seperti Penanda desa, Redesain desa Umpungeng, dan lain sebagainya. Setiap kelompok memiliki batas waktu selama 5 hari untuk menyelesaikan tugas mereka.

Proses pembuatan Site Plan Desa Umpungeng oleh seluruh peserta.

Setelah 5 hari berlangsungnya kegiatan di Desa Umpungeng, para peserta turun ke salah satu tempat yang masih terletak di Kab. Soppeng yaitu Sao Mario. Di sana setiap kelompok mulai memaparkan hasil dari Tugas mereka setelah itu dilanjutkan dengan acara pemberian cindra mata dari tiap ketua BPR.  

Setelah berakhirnya kegiatan di Kab. Soppeng, Mahasiswa Arsitektur Universitas Tadulako kembali ke Benteng Sumba Opu lalu melanjutkan perjalanan ke Jurusan Arsitektur di setiap Universitas yang ada di Makassar. Kampus pertama yang mereka kunjungi ialah Universitas Muslim Indonesia, disana mereka melakukan diskusi bersama beberapa mahasiswa Jurusan Arsitektur dan salah satu Dosen Universitas Muslim Indonesia. Setelah selesai diskusi bersama, Ketua Jurusan Universitas Muslim Indonesia memberikan Cindra Mata kepada Mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Tadulako yang di wakili oleh Ketua HIMA ART’lie.

Setelah mengunjungi Universitas Muslim Indonesia, perjalanan selanjutnya yaitu berkunjung ke Universitas Negeri Makassar. Disana disambut langsung oleh Ketua Himpunan Arsitektur UNM dan mereka melakukan sharing atau diskusi bersama mengenai Arsitektur.

2 hari sebelum berakhirnya kegiatan Studi Ekskursi, Mahasiswa Jurusan Universitas Tadulako mengunjungi wisata Budaya yang berada di Toraja, Sulawesi Selatan .

Tinggalkan Balasan